Lebih Dekat dengan Ribbon Word 2010

Lebih Dekat dengan Ribbon Word 2010

55
0
SHARE

Ribbon Word 2010 adalah perangkat/peralatan utama yang ada di Word 2010. Di dalam Ribbon Word 2010 terdapat segala macam fungsi yang dapat kita aplikasikan pada lebar atau halaman kerja dokumen kita.

Ribbon Word 2010, dapat dibagi ke dalam 3 kelompok besar, yaitu Tab, Groups dan Tombol Perintah (Command Button).

Tab Word 2010. Tab in mirip dengan guide pada folder arsip. Pada Ribbon Word 2010, terdapat beberapa tab seperti “Home”, “Insert”, “Page Layout”, “References”, “Mailings”, “Review”, dan “View”. Ada juga Tab yang muncul hanya apabila kita memasukkan unsur lain ke dalam lebar kerja, misalnya gambar/picture, yang memunculkan Tab Format (Picture Tools).

Groups. Apabila kita memilih suatu Tab, maka kita akan menemukan di dalamnya groups yang berbeda-beda di bawahnya. Misalnya bila dipilih Tab “Home”, maka didalamnya akan kita temukan Group “Clipboard”, “Font”, “Paragraph”, “Styles”, dan “Editing”

Tombol Perintah/Command Button. Suatu Group terdiri dari beberapa tombol perintah di dalamnya. Tombol-tombol perintah yang ada dalam Group mencerminkan perintah atau fungsi utama dari Group yang bersangkutan. Misalnya Group “Font”, maka di dalamnya berisi Tombol Perintah untuk fungsi-fungsi yang terkait dengan format Font dalam lembar kerja.

Ribbon-word-2010-1024x280

Pada beberapa tombol perintah, terdapat tanda segitiga yang menunjuk ke bawah. Tanda segitiga ini berfungsi untuk memunculkan menu turunan (dropdown). Selain itu, untuk Group, pada sisi kanan bawah terdapat tanda panah yang menunjuk ke bawah. Tanda panah ini apabila di klik akan memunculkan jendela Dialog Box. Misalnya contoh di bawah ini:

Ribbon-word-2010-1024x280 menu-turunan-atau-dialog-box-command-button

Selanjutnya kita dapat memodifikasi teks dokumen halaman kerja Word 2010 sesuai format baku atau selera kita.

Catatan tambahan:

  • Ribbon Word 2010 dapat disembunyikan atau dimunculkan dari halaman kerja Word 2010, dengan cara melakukan double klik kiri mouse pada salah satu Tab yang ada. Atau dengan cara klik kanan pada Tab, lalu pilih Minimize the Ribbon. Bisa juga dengan Hotkey tombol keyboard “Ctrl +F1” (tanpa tanda kutip).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY