Mahir Word 2010 dengan Memahami Lingkungan Kerja Word 2010

Mahir Word 2010 dengan Memahami Lingkungan Kerja Word 2010

40
0
SHARE
logo word 2010

Salah satu pengolah teks yang populer di lingkungan kerja adalah Microsoft Office Word 2010 (Word 2010). Dengan berbagai fitur yang disediakan, Word 2010 sangat handal untuk memenuhi berbagai kebutuhan kerja dalam berbagai lingkungan kerja, instansi, UKM, perguruan tinggi, sekolah, dan lain sebagainya.

Ibaratnya kita akan pergi ke suatu tempat yang belum pernah kita datangi, tentunya kita memerlukan berbagai persiapan agar sampai ke tempat yang dituju. Salah satu persiapan yang kita perlukan adalah rute atau peta lokasi. Dengan rute atau peta, selanjutnya kita dapat merencanakan dan menentukan rute dan akomodasi yang paling efektif dan efisien. Pun demikian juga bila kita berencana ingin mahir dengan Word 2010. Memahami lingkungan kerja Word 2010 adalah langkah awal yang tepat untuk mengefektifkan penggunaan Word 2010 dalam pekerjaan kita.

Berikut ini lingkungan kerja Word 2010:

jendela-kerja-microsoft-office-WORD-2010-1024x618

A. Toolbar “Quick Access” ~ Bagian ini berisi berbagai tombol fungsi yang sering kita gunakan, semacam short cut atau jalan pintas kita untuk mengaplikasikan fungsi tertentu pada Word 2010. Tombol fungsi bisa kita tambahkan, kurangi, aktif-nonaktifkan, atau diubah posisinya di atas atau di bawah Ribbon.

B. Title Bar ~ Menunjukkan judul file Word yang sedang aktif. Bila belum ada judul/file baru, bagian ini berisi judul “Document” diikuti angka.

C. Ribbon ~ “Perkakas” paling utama dalam Word 2010 adalah RIBBON. Dalam Ribbon terdapat Tab, Groups fitur, dan dalam masing-masing Group terdapat kumpulan tombol fungsi.

D. Ruler ~ Penggaris pada halaman kerja yang berfungsi dalam pengaturan margin (batas) halaman kerja. Margin digunakan untuk pengaturan batas cetak pada kertas untuk sisi atas, bawah, kiri, kanan hasil kerja Word 2010.

E. Scroll Bars ~ Menggulung bidang halaman kerja Word, ke atas-bawah dan ke kiri-kanan bidang kerja. Scroll atas-bawah dapat juga dilakukan dengan scroller pada mouse komputer.

F. Zoom Slider ~ Tombol yang memiliki fungsi memperbesar atau memperkecil tampilan halaman kerja Word 2010. Bisa dengan cara menggeser ke kiri atau kanan SLider, atau dengan meng-klik angka % dan mengetikkan angka spesifik pada jendela menu Zoom yang muncul.

G. Status Bars ~ Berisi informasi posisi halaman tempat kursor berada, jumlah halaman dan kata dalam file, bahasa yang digunakan.

H. View Button ~ Untuk mengubah tampilan halaman kerja Word 2010. Opsi yang ada di bagian View Button, yaitu Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, dan Draft.

Demikian pembahasan mengenai lingkungan kerja atau halaman kerja Word 2010. Dengan memahami bagian ini, akan memudahkan kita dalam me-meta-kan fitur-fitur dan beragam fungsi yang ada di Word 2010 dan menggunakannya dalam pekerjaan pengolahan teks kita sehari-hari. Selamat ber-eksplorasi!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY