Friday 23rd June 2017
HomePojok OfficeSoftwareMenambahkan Backsound pada Slide Presentasi Microsoft Office Powerpoint 2007

Menambahkan Backsound pada Slide Presentasi Microsoft Office Powerpoint 2007

Untuk menyampaikan ide, gagasan, atau laporan di rapat atau forum pertemuan, banyak cara dan alat peraga bantu yang dapat digunakan. Bisa berupa makalah, risalah laporan, cuplikan video, kliping koran, tren grafik, dan  file presentasi dengan memanfaatkan software tertentu. Untuk pengguna sistem operasi Microsoft Windows, umumnya menggunakan program Microsoft Office Powerpoint.

Powerpoint adalah salah satu program yang ada dalam Microsoft Office. Powerpoint dapat dioptimalkan penggunaannya untuk membuat presentasi yang indah, powerfull dan mendukung transfer informasi sesuai dengan rencana dan tujuan komunikan. Slide-slide yang ada dalam Powerpoint dapat dilengkapi tidak saja dengan teks standar, namun juga dapat diperkaya dengan potongan video (video clip), tabel, grafik, gambar, maupun suara.

Lalu, bagaimana menambahkan suara (backsound) pada slide presentasi Powerpoint 2007? Berikut ini tutorial singkatnya.Untuk menambahkan suara pada slide presentasi Powerpoint 2007, langkah pertama, buatlah file powerpoint kemudian buat beberapa slide pada powerpoint. Ilustrasinya seperti gambar berikut:

area kerja microsoft office powerpoint 2007

Area Kerja dan Slide Powerpoint 2007

 

Kita fokuskan perhatikan pada slide nomor dua, terutama pada gambar yang ada lingkaran berwarna merah. Jika icon disorot, akan muncul tulisan Insert Media Clip. Icon ini berfungsi mengaktifkan fitur untuk menambahkan video clip pada slide powerpoint 2007, namun dapat juga kita atur untuk menambahkan file musik (suara latar) ke dalam slide file presentasi kita. Klik icon ini untuk mengaktifkan jendela menu berikut ini:

”]memasukkan video atau musik ke slide powerpoint 2007

 

Pada tampilan jendela menu, carilah lokasi di mana Anda menyimpan file musik Anda. Jika Anda sudah menemukan lokasi simpan file Anda, jangan kaget jika file yang Anda cari tidak ada di lokasi simpan tersebut. Untuk memunculkan file-file, klik tanda panah (yang dilingkari warna merah) yang ada di zona sebelah kanan File name:, lalu sorot opsi All Files (*.*). Setelah file-file musik Anda muncul, klik salah satunya, lalu klik tombok OK. Akan muncul jendela konfirmasi seperti berikut:

opsi aktifkan sisipan musik atau suara slide powerpoint 2007

Jendela Konfirmasi

 

Jendela konfirmasi ini untuk mengatur bagaimana musik (backsound) diaktifkan ketika slide powerpoint yang disisipkan musik (suara) kita munculkan. Pilih salah satu opsi. Jika opsi Automatically yang dipilih, maka suara akan aktif (diputar) secara otomatis jika slide diaktifkan. Sedangkan jika memilih When Clicked, maka suara akan aktif jika gambar speaker warna kuning pada slide, kita klik.

Jika langkah-langkah di atas dijalankan, maka pada slide powerpoint 2007 yang disisipkan file musik (suara) akan terdapat gambar speaker kuning. Cobalah aktifkan slide powerpoint dalam tampilan Slide Show (bisa dengan menekan tombol F5) dan pada slide yang disisipi file suara klik gambar speaker kuning untuk mencek apakah file suara sudah dapat berjalan baik. Untuk pengaturan lebih lanjut pada slide presentasi Powerpoint 2007 yang disisipi musik (suara), akan dibahas pada posting berikutnya.

One Comment to “Menambahkan Backsound pada Slide Presentasi Microsoft Office Powerpoint 2007”

  • lihin says:

    Kalau musik terputar ke semua slide gimana bang?

  • Leave a Reply for “Menambahkan Backsound pada Slide Presentasi Microsoft Office Powerpoint 2007”




    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>