Friday 22nd August 2014
HomePojok OfficeBelajar OfficeMengenal Lingkungan Kerja Word 2007

Mengenal Lingkungan Kerja Word 2007

Jika salah satu dari 3 cara mengaktifkan Word 2007 dijalankan, maka tampilan standar berikut akan muncul sebagai penanda bahwa Word siap ‘bertugas’. Inilah tampilan lingkungan kerja word 2007:

Lingkungan Kerja Word 2007

 

Penjelasan dari masing-masing unsur interface adalah sebagai berikut:

Lingkungan Kerja Word 2007

Microsoft Office Button Word 2007 (1)
Salah satu perubahan disain tampilan (interface) yang penting dalam Word 2007 adalah tombol Microsoft Office Button (selanjutnya kita disebut Office Button). Office Button juga tersedia pada varian Microsoft Office 2007 lainnya, seperti PowerPoint, Excel, Access dan Outlook. Terletak di sisi kiri atas interface, Office Button menggantikan menu File pada Microsoft Office versi sebelumnya.

Quick Access Toolbar Word 2007 (2)
Dari istilah yang digunakan Microsoft kita bisa tahu, toolbar ini digunakan untuk mengakses secara cepat command yang sering kita digunakan. Quick Access Toolbar bisa kita kustomasi sesuai kebutuhan kita, baik variasi command maupun letaknya

Ribbon Word 2007 (3)
Salah satu tampilan ‘memukau’ ketika kita mengaktifkan salah satu varian Microsoft Office 2007 seperti Word, Excel, Access, PowerPoint dan Outlook adalah fitur Ribbon. Bagi yang terbiasa dengan Office versi sebelumnya maka kesan pertama yang ditangkap dari tampilan Ribbon adalah toolbar yang penuh dengan command dan rumit dalam mencari command yang dibutuhkan. Jangan khawatir! Ditulisan berikutnya akan kita bahas hal-hal yang terkait dengan Ribbon Word 2007.

Status Bar Word 2007 (4)
Terletak tepat di bawah tampilan utama editing, status bar menunjukkan informasi-informasi terkait halaman, jumlah kata dalam file, standar bahasa yang digunakan, command terkait tampilan halaman, dan tombol pengaturan besaran tampilan halaman (Zoom).

Pengaturan Besar Tampilan pada Word 2007 (5)
Bagian ini sebenarnya masih satu kelompok dengan Status Bar di atas. Untuk fokus pembahasan maka penjelasannya dipisahkan. Pada Bar ini terdapat command-command yang terkait dengan pengaturan tampilan utama halaman (bidang utama editing).

Ruler Word 2007 (6)
Ruler terletak tepat di bawah Ribbon dan di samping kiri halaman kerja, dengan posisi ada yang vertikal dan horizontal. Ruler digunakan untuk pengaturan paragraf dan margin halaman, dengan cara double klik pada bagian ruler yang tidak berwarna putih untuk menampilkan jendela Page Setup.
Ruler dapat dimunculkan dan disembunyikan dengan cara: View > (group Show/Hide) Ruler.

Scrollbar pada Word 2007(7)
Seringkali kita membuat tidak hanya satu halaman tetapi banyak halaman dalam satu file Word 2007. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain, maka kita menggunakan scrollbar untuk menggulung halaman ke atas atau ke bawah, ke kiri maupun ke kanan.

Tombol Navigasi (8)
Saat kita melakukan proses editing terhadap isi halaman, kita akan melihat satu garis vertikal kecil yang berkedip-kedip. Garis ini disebut insertion point (kursor). Untuk memindahkan kursor dari satu halaman ke halaman lain, Word menyediakan tombol navigasi yang terletak di sebelah bawah scrollbar vertikal.

Ingin mahir menggunakan Office Word 200 Menurut saya, jalan termudah adalah dengan mengenali lingkungan kerja word 2007.

Leave a Reply for “Mengenal Lingkungan Kerja Word 2007”




XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>