Bekerja dengan Ribbon Word 2010: Tab File atau Backstage

Tab “File” Word 2010 menggantikan kedudukan “Office Button” pada Word 2007. Tab “File” terletak di sisi paling kiri dari jajaran tab yang ada di Ribbon Word 2010. Tab “File” dikenal juga dengan istilah “backstage” atau belakang layar, mengacu pada beberapa fungsi dan proses di dalamnya terhadap file document yang tengah aktif.

Klik kiri tab “File” untuk memunculkan menu-menu perintah yang dapat kita aplikasikan ke file document kita. Berikut tampilan tab”File” atau “Backstage” di Word 2010:

menu tab File Word 2010 - Backstage

 

Pada jendela menu di atas terlihat ada 3 (tiga) bagian yang ada dalam menu Tab “File”

  1. Sisi kiri, berisi kumpulan perintah yang dapat kita gunakan untuk memproses file document yang sedang aktif. Menyimpan (Saving), Menyimpan dengan tipe khusus (Save As), Membuka file (Open), Menutup file yang aktif (Close), Info-info file (Info), File-file yang dibuka terakhir (Recent), Membuat file baru (New), Mencetak file (Print), Menyimpan dan Kirim (Save & Send), Menu Bantuan (Help), Konfigurasi Word 2010 (Options), dan Keluar dari Word 2010 (Exit). Apa yang muncul di bagian tengah “Backstage” atau jendela menu yang muncul, tergantung pada tab menu yang di-klik;
  2. Sisi tengah, berisi informasi atau sub-sub perintah yang digunakan untuk memproses file document. Apa saja yang ada di bagian tengah (2) dan sisi kanan (3), tergantung pada tab menu yang kita pilih. Pada contoh gambar di atas, menu “Info” tengah disorot, sehingga yang muncul di sisi tengah (2) adalah informasi terkait file document yang sedang aktif dan pada sisi kanan (3) adalah informasi terkait “Properties” document termasuk lokasi simpan file (folder).
  3. Informasi detil atau sub menu dari tab menu yang kita pilih di sisi kiri “Backstage”.

Berikut ini gambar(an) dari sub-sub menu yang terdapat dalam tab “File”:

tab File - menu Recent documents

Menu Recent Dcuments

 

tab File - menu New documents

Menu New Document

 

tab File - menu Print and Preview documents

Menu Print and Preview Document

 

tab File - menu Save and Send document

Menu Save and Send

 

tab File - menu Help

Menu Help

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *